Sekolah kehidupan

Banyak hal dalam hidup ini yang dapat kita pelajari dan ambil hikmahnya, tidak hanya dari sekolah formal, sekolah non-formal, tapi ada yang tak kalah penting yaitu pelajaran dari guru kehidupan. Ada pepatah minang “alam takambang jadi guru” ini sejalan dengan ayat Al-quran yang secara berulang disebutkan “….. sungguh pada yang demikian itu terdapat tanda kebesaran Allah bagi orang yang berfikir, atau di ayat lain disebut “… bagi manusia yang berakal”, atau di ayat lain disebut “… jika kamu beriman”.
Di dalam keseharian kita, kita bertemu dengan berbagai macam dan ragam manusia, watak dan sifat yang berbeda, karakter yang berbeda dan tipikal serta style yang berbeda juga. Namun satu hal yang ingin saya garis bawahi, selalu ada sisi positif yang bisa kita tiru dari orang lain.
Hal ini hanya bisa dilihat bila anda memakai kacamata positif, dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa.
Dengan kita mau dan bisa memandang dari sisi baik orang lain, akan memperkaya wawasan kita.
Di keseharian kita, kita kadang bertemu dengan orang yang hidup di bawah garis kemiskinan tapi mereka bisa bersyukur dan hidup bahagia.  Namun tidak jarang juga kita bertemu dengan orang yang hidup dengan berkecukupan, punya nama dan reputasi baik dan bahagia di hampir semua aspek kehidupannya sempurna.
Namun sebaliknya, kadang kita bertemu dengan orang yang ‘terlihatnya baik, kaya dan bahagia…’ tapi semua kamuflase, semu dan palsu… bahkan ada orang yang lebih ironis, sudah miskin harta, miskin ilmu dan miskin iman, naudzubillah min zalik.
Yang ingin saya sampaikan adalah, semua keadaan yang kita temui di keseharian kita ini bisa kita jadikan cermin. Kita mau termasuk dalam kategori yang mana. Semua terpulang ke diri sendiri.. pilihan kita mau berada di kuadran mana.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s