Membangun hidayah…

Sebagai mana pernah saya singgung sebelumnya “hidayah bisa given/pemberian dari Allah, bisa juga dari hasil pencarian panjang manusia”  tapi semua itu hanya pendapat kita manusia yang dangkal. Sejatinya semua adalah atas kehendak dan izin Allah. Sebagai mana di Al-quran disebutkan “…tu izzu man tasyaa’u, Wa tuzillu man tasyaa’u artinya lebih kurang : Engkau (Allah) beri petunjuk siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau biarkan sesat siapa yang Engkau kehendaki.

Namun demikian Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Bila kita melangkah mendekat, Allah berlari menyambut kita. Sekecil apapun usaha kita di mata Allah tidak ada yang sia-sia.  Banyak hal yang tidak terduga bisa terjadi. Seperti “kebetulan” bertemu orang yang bisa mendukung “up-grade” keimanan kita, atau bisa me-inspirasi, memotivasi. Sebenarnya bukan kebetulan tapi cara Allah membuka jalan untuk kita dapat hidayah. Atau iseng putar channel tv, ketemu saluran yang beri tausiah eh kebetulan jawaban dari pertanyaan atau persoalan hidup kita. Allah kasi pemahaman sehingga kita paham dengan maksud ceramah tersebut. Kebetulankah?.? Tidak, semua adalah cara Allah menyelamatkan siapa yang dikehendakinya. Kenapa mereka terpilih, karena mereka mencari. Sadar atau atau tidak mereka sudah membangun jaringan/koneksi dengan Allah.

Dan semua memang kembali ke pilihan hidup kita. Mau husnul khotimah atau mati suul khotimah. Mati dalam beriman atau kufur. Nah bila sudah tau tujuan hidup kita,  tinggal buat strategi untuk pencapaian tujuan. Siapkan bekal. Hai-hati dengan syetan yang tidak akan tinggal diam, dengan segala tipu dayanya. Akan dihembuskannya rasa malas, atau keraguan di hati kita. Kadang dirusak keyakinan nilai kita, dengan diluar normatif. Misalnya cari yang haram aja susah, apalagi cari yang halal, naudzubillah.

Membangun atau mempertahankan hidayah sama pentingnya dengan mencari hidayah. Untuk itu selalu berdoa dan memohon sama Allah ” Jangan biarkan kami tersesat ya Allah setelah Engkau beri petunjuk.” RABBANA LA TUZI QULUBANA BA’DAIS HADAITANA WA HABLANA MILLADUNKA RAHMAH INNAKA ANTAL WAHAB… Aamiin YRA.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s