Surah Yasin surah ke 36 (83 ayat)

Pada pelajaran saya hari ini dalam pengkajian saya, saya sampai pada surah Yasin. Saya teringat beberapa waktu yang lalu saya dapat buku foto copy dari teman karangan ibu Latifah Hanum, katanya beliau aktivis majelis taklim (maaf saya memang jarang mengikuti majelis taklim). 

Di buku tersebut di sebutkan pada saat seseorang sakratul maut tidak perlu dibacakan surah Yasin, cukup ditenangkan dengan mengatakan “tenang ma…. ” dasarnya beliau mengutip surah Al-Fajr (89) ayat 27 dan 28. Disana Allah menyeru di ayat 27 ” Wahai jiwa yang tenang!  di ayat 28 Kembalilah kepada Tuhan-Mu dengan hati yang ridho dan diridhoi-Nya.” 

Sebagai seorang yang diberi akal ini tentu sangat masuk akal, namun sebagai seorang umat Islam yang juga disuruh mengkaji saya terusik dan prnasaran karena dari saya kecil saya sudah melihat praktek di masyarakat di saat keluarga ada yang sakratul maut kita membaca Surah Yasin. Lalu saya tanya kepada guru saya Ibunda Nurma, beliau dulunya adalah ustadzah di era 60-an s/d 80-an. 

Umi menjelaskan, Di saat seseorang sakratul maut syetan berusaha menyesatkan manusia menggoda manusia dengan berbagai cara. Tau sendiri tujuan syetan biar ada teman di neraka. Nah tujuan kita membaca yasin di dekat kerabat kita yang sakratul maut adalah agar syetan menjauh. Talkinkan kalimat syahadat “La illa ha illallah, muhammadarrasulullah”   agar bisa diikuti oleh beliau yang sakratul maut, namun bila nafasnya sudah pendek khawatir terputus cukup dengan membisikkan Di telinganya kata Allah. Semua ada dasarnya. Nabi mengajarkan bila seseorang di akhir hayatnya membaca kalimah syahadat maka dia akan masuk syorga?

Untuk bacaan Yasin adalah jantungnya Al-quran, makanya bila kita membaca surah yasin syetan tidak akan berani mendekat. Yasin juga dianjurkan untuk di baca di malam jumat, selain surah Al-kahfi. 

Dalam kedangkalan ilmu agama saya menurut saya tetap lebih baik kita membaca Surah Yasin di saat anggota keluarga kita sakratul maut. Karena terkadang kita terjebak untuk berbicara yang tidak penting dan tidak manfaat untuk yang sedang sakratul maut, bahkan bisa jadi kita terjebak pembicaraan yang bisa menyulitkan yang sakratul maut menemui ajalnya. Tetap lebih baik baca Al-quran, apalagi Surah Yasin yang punya beberapa keutamaan. (nanti kalo saya baca fadhilah surah Yasin, Insyaallah saya share disini).

Kebenaran datangnya dari Allah, kesalahan adalah kebodohan saya. Semoga Allah selalu memelihara saya dalam bingkai iman dan takwa aamin ya Rabbal alamin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s