Mindset

Saya pernah pendapat pelatihan NLP materi pelatihan untuk pengembangan “personal power”
Bahwa kemampuan atau personal power kita rata-rata baru digunakan 10%. Dalam kondisi terdesak power ini dapat keluar. Contoh di saat seseorang dalam ketakutan dia bisa melewati rintangan di luar akal sehatnya. Kemampuan dirinya yang selama ini tersimpan keluar.
Selama ini kita terjebak dengan pola pikir yang berkembang Di masyarakat, atau yang tertanam di diri. Sehingga ini membatasi pikiran kita untuk me-eksplorasi potensi di dalam diri.
Seringkali ada ide untuk berbuat sesuatu lalu dipatahkan oleh pemikiran sendiri. Misalnya saja di saat kita mau memulai usaha, muncul pikiran tentang kegagalan, sehingga kita batal atau urung memulainya. Ini disebut mental block.
Kita terjebak dan terpola dengan cara-cara yang berkembang di masyarakat. Sehingga mengabaikan ide kreatif yang muncul , dan tidak berani ambil rasiko dengan mancoba cara yang baru.
Hal ini bila ditarik mundur ke belakang tentu tidak terlepas dari pola asuh orang tua di masa lalu serta peran masyarakat atau lingkungan di mana kita dibesarkan. Anak yang dibesarkan di lingkungan yang punya kebiasaan mencela, mental blocknya lebih kuat dari pada keberaniannya untuk berprestasi, apalagi kalau dia pun terbawa arus dalam pusaran itu dan suka mencela orang lain juga. Potensi dirinya tidak berkembang, selalu dihantui ketakutan kalau salah akan menjadi bahan olok-olok orang lain. Sehingga akhirnya tidak pernah mencoba agar tidak pernah gagal.
Untuk itu perlu diluruskan persepsinya, mindset atau cara berpikir kreatif dapat dapat membuka batasan sehingga potensi yang tersimpan dapat di eksplirasi maksimal. ‘Paksa diri berbuat lebih dalam apa saja’ sulitnya hanya di awal, bila sekali kita bisa melampaui rintangan ke depannya akan jadi biasa menjalani. Misalnya memulai sholat tahajud bangun jam 4, bila tidak terbiasa akan terasa berat. Tapi bila kita bisa melewati masa2 sulit dan berat selanjutnya kemampuan tubuh akan menyesuaikan dan jadi hal yang biasa bangun jam 4 untuk melaksanakan sholat tahajud. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s